Panduan Pengajuan TBN

(Khusus Pengguna Notaris)

1

Login dengan Email/Username yang sudah Anda daftarkan

Klik menu Pengajuan TBN, lalu klik menu Permohonan Baru

2

Tampilan Permohonan Baru Pengajuan TBN

3A

Isi kolom Nama Notaris / Pemohon secara lengkap.

Pilih Jenis Bakum (Badan Hukum) sesuai kebutuhan Anda. Ada 6 pilihan Bakum, yaitu Perseroan Terbatas, Yayasan, Perkumpulan, Dana Pensiun, Koperasi, Gereja dan CV.

Untuk Jenis Transaksi, jika pilihan Bakum nya berupa PT, maka ada 4 pilihan jenis, yaitu Pendirian, Perubahan , Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar dan Perubahan Data Perseroan. Selain PT, Jenis Transaksi hanya ada 2, yaitu Pendirian dan Perubahan .

Untuk Badan Hukum, jika Anda memilih Perubahan pada Jenis Transaksi, Anda dapat klik tombol tanda panah sehingga muncul kotak pencarian dan Anda dapat ketik nama Bakum yang ingin Anda cari.

Jika pada Jenis Transaksi Anda memilih Pendirian, maka pada bagian Badan Hukum, klik tanda + di sebelah kanan, sehingga akan muncul form isian untuk menambah Badan Hukum baru. Silahkan Anda isi form tersebut secara lengkap dan benar.

3B

Pada form selanjutnya, isi Nomor SK berikut Tanggal SK pendiriannya, lalu upload File SK tersebut yang sudah berbentuk pdf.

Isi Nomor Akta berikut Tanggal Akta pendiriannya, lalu upload File Akta tersebut yang masih berbentuk file Ms. Word .doc atau .docx.

Isi Nomor Akta berikut Tanggal Akta pendiriannya, lalu upload File Akta tersebut yang masih berbentuk file Ms. Word .doc atau .docx.

Bagi Anda yang sudah melakukan pembayaran sebelumnya via AHU Online, Anda dapat meng-upload file Bukti Bayar dan Perintah Bayar. File tersebut bisa berupa gambar seperti JPEG, PNG, BMP atau PDF.

*

Untuk File Akta (doc atau docx) yang akan diupload, harus berupa file word asli berbentuk teks yang bisa diblok, BUKAN HASIL SCAN yang diimport ke dalam file word. Untuk jelasnya, bisa lihat contoh di bawah ini.

Contoh file word (doc/docx) yang masih berupa teks. Teksnya bisa diblok.

Contoh file word (doc/docx) hasil scanan yang diimport. Teksnya tidak bisa diblok.

3C

Pada form selanjutnya, isi Alamat Pengiriman secara lengkap dan benar

Jika sudah selesai semuanya, klik Tombol Kirim Formulir